Rabu, 11 Desember 2013

Kebudayaan Jawa Tengah

Jawa Tengah
Jawa Tengah adalah propinsi dimana budaya jawa banyak berkembang disini karena di jawa tengah dahulu banyak kerajaan berdiri disini itu terlihat dari berbagai peninggalan candi di jawa tengah. Mahakarya yang sungguh mempesona adalah batik di jawa tengah setiap daerah mempunyai corak batik tulis yang berbeda beda mereka mempunyai ciri khas sendiri – sendiri. selain batik ada juga kesenian yang tak kalah luar biasanaya ada wayang kulit yang sudah diakui dunia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO ada juga tembang tembang (lagu lagu ) jawa yang diiringi oleh gamelan (alat musik) yang juga dikenal dengan campursariada juga ketoprak yang merupakan pertunjukan seni peran khas dari jawa.

1. Rumah Adat Jawa Tengah
                    
Rumah adat - batang

purbalingga

jateng

kudus
Pati

Pekalongan

Sragen

Batang

Batang

Batang


2.Pakaian Adat
             
Grobogan



klaten
jepara

Kudus
salatiga

semarang

tegal

3.Upacara Adat

Gethuk adalah makanan khas Magelang yang terbuat dari bahan dasar ketela pohon. Sementara, grebeg gethuk merupakan rangkaian puncak memperingati Hari jadi Kota Magelang yang ke-1105. Acara yang dipusatkan di alun-alun itu selalu dinanti-nanti warga karena mereka bisa berebut menikmati makanan khas itu dengan cara yang unik dan hanya diadakan setahun sekali.

                                                           Upacara Melasti-tegal
  1. spiritual Melasti adalah membuang segala macam sifat-sifat buruk dengan introspeksi diri. Dengan beberapa larangan antara lain larangan bepergian, larangan berfoya-foya, larangan piknik, dan lainnya

Upacara adat Mitoni - wonogiri
upacara adat midoderei - kudus













         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar