Kamis, 12 Desember 2013

Kesenian Jateng

Seni Tari Adat Jatim
Tari Serimpi

Tari Serimpi ini merupakan tarian yang ditarikan oleh 4 orang putrid. Dimana masing-masing mendapat sebutan : air, api, angin dan bumi/tanah. Selain itu tari ini juga melambangkan terjadinya manusia dengan melambangkan empat penjuru mata angin. Sedang nama peranannya Batak, Gulu, Dhada dan Buncit. Komposisinya segi empat yang melambangkan tiang Pendopo. Seperti Bedhaya, tari Srimpipun ada yang suci atau sakral yaitu Srimpi Anglir Mendhung.

Tari Bondan Payung

Tarian ini berasal dari Surakarta. Dalam tari bondan paying ini menggambarkan seorang anak wanita yang sedang menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi yang diinjak dan tidak boleh pecah. Dengan kata lain tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anak-anaknya dengan hati-hati.

Tari Gambyong

Tari Gambyong ini merupakan salah satu jenis tarian pergaulan di masyarakat. Biasanya diawali dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang.

Dalam memainkan kendang yang mengiringi tari Gambyong sangatlah tidak mudah. Pengendang harus mampu jumbuh dengan keluwesan tarian serta mampu berpadu dengan irama gendhing. Maka tak heran, sering terjadi seorang penari Gambyong tidak bisa dipisahkan dengan pengendang yang selalu mengiringinya.

Tari Angsa

Tari Angsa ini menggambarkan keagungan seorang dewi yang diiringi oleh sekelompok burung angsa. Dalam tarian ini ada perpaduan antara kebudayaan Timur maupun Barat. Biasnya tari Angsa ini dibawakan oleh 7 orang penari wanita (satu orang penari berperan sebagai Dewi, enam orang penari sebagai angsa).

Tari Merak Jawa Tengah


Tari Merak ini salah satu tarian yang popular di Jawa Tengah. Seperti namanya tarian ini merupakan tarian yang melambangkan gerakan-gerakan burung Merak. Pada umumnya penarinya menggunakan selendang yang terikat dipinggang, dimana selendang tersebut dibentangkan menyerupai sayap burung. Selain itu penarinya juga memakai mahkota berbentuk kepala burung Merak.


Lagu Daerah
Gek Kepriye
Duh kaya ngene rasane

Anake wong ora duwe

Ngalor ngidul tansah diece

Karo kanca kancane
Pye pye pye pye ya ben rasakna

Pye pye pye pye rasakna dewe

Pye pye pye pye ya ben rasakna

Pye pye pye pye rasakna dewe

Besuk kapan aku bisa

Urip kang luwih mulya

Melu nyunjung drajating bangsa

Indonesia kang mulya
Pye pye pye pye mbuh ra weruh

Pye pye pye pye mbuh ra ngerti

Pye pye pye pye mbuh ra weruh

Pye pye pye pye mbuh ra ngerti

Jamuran
Ilir-ilir tandure wus sumilir
          tak ijo royo-royo tak sengguh penganten anyar
          cah angon cah angon penekna blimbing kuwi
          lunyu-lunyu penek-en kanggo masuh dododira
          dododira-dododira kumitir bedhahing pinggir
          domana jlumatana kanggo seba mengko sore
          mumpung gede rembulane mumpung jembar bathuke
          gya suraka surak horĂ©!


Lagu Gambang Suling adalah karangan Ki Narto Sabdo. Lagu ini merdu sekali untuk didengarkan, walaupun liriknya sangat singkat.

Gambang suling ngumandang swarane

Tulat tulit kepenak unine

Unine mung nrenyuh ake
Barengan lan kentrung ketipung suling

Sigrak kendangane

Selain lagu Gambang Suling, ada lagu daerah dari Jawa Tengah yang liriknya juga tak kalah singat. Judulnya adalah Gundul Pacul. Lagu Gundul Pacul ini diciptakan oleh R.C. Hardjosubroto.
Gundul gundul pacul cul gelelengan

Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi dak ratan

Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan


Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

MAKANAN KHAS JATENG
Masakan Tradisional Jawa Tengah

Lumpia Semarang. Makanan ini cukup khas dan sangat nikmat jika disantap saat hangat. Lebih enak lagi jika ditambahkan dengan sedikit saus kental manis yang membuat rasa dari lumpia semarang ini sangat banyak disukai para wisatawan. Di dalamnya terdapat rebung, ayam, telur, dan udang yang sangat enak dan pasa ketika dipadukan dengan saus kental manisnya.

Soto Kudus. Kudus memang terkenal dengan sotonya yang khas dan nikmat. Memang sepintas soto tersebut sama seperti soto pada umunya, namun setelah anda mencicipi rasanya, tentu anda akan merasakan kenikmatan tersendiri yang akan membuat anda datang lagi untuk menikmati soto Kudus ini. Ada 2 pilihan untuk soto kudus, yaitu soto ayam dan soto kerbau.


Nasi Gandul Pati. Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya ketika dinikmati langsung dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi pelengkap untuk menikmati nasi gandul ini.



Nasi Liwet Solo.  Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang gurih dan nikmat akan membuat lidah dan perut anda ingin selalu memakannya.


Mendoan Purwokerto. Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar. Meskipun tidak benar - benar matang, mendoan ini sangat aman untuk dikonsumsi karena tempe yang menjadi bahan dasarnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

SUMBER :
Masakan Tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar